PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN THE KOFFEE JAKARTA

  • Inggit Rahmawati
  • Meylani Tuti
Keywords: Kualitas Produk, Promosi, Persepsi Harga, Kepuasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan, serta pengaruh persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling di dapatkan jumlah sampel sebanyak 157 responden. Analisis data menggunakan metode Analisis Partial Least Square (PLS) dengan memakai aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Namun, promosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. CV. Alfabeta.
Alvioletta, V., Setyawan, M. Y. H., & Saputra, M. H. K. (2020). Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) Pada Penilaian Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Pelayanan Divisi (Studi Kasus: CV Tirta Kencana). Kreatif Industri
Nusantara.
Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. CV. Pena Persada
Redaksi.
Daga, R. (2017). Citra, Kualitas, Produk Dan Kepuasan Pelanggan. Global Research And
Consulting Institute.
Firmansyah, F., & Haryanto, R. (2019). Manajemen Kualitas Jasa Peningkatan Kepuasan
Dan Loyalitas Pelanggan. Duta Media.
Garvin, D. A. (1984). Product Quality: An Important Strategic Weapon. Business Horizons, 40–43.
Griffin, J. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan Dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Erlangga.
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Pelanggan. CV. Alfabeta. Irawan, H. (2002). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Elexmedia computindo. Kotler, P., & Amstrong, G. (2006). Prinsip Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Dasar Dasar Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles Of Marketing. Pearson Education Limited. Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Erlangga. Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu.
Laksana, F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Khalifah Mediatama. Liat, C., Mansori, S., & Tathuei, C. (2014). The Association Between Service Quality,
Corporate Image, Customer Satisfaction And Loyalty: Evidence From The Malaysian Hotel Industry. Journal Of Hospitality Marketing Management, 23(3), 314–326.
Marni, S., Okhtiyanto, R., & Arfah, T. (2021). Pengaruh Kualitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Hotel Lovina Inn Nagoya. Jurnal Rekaman, 168–177.
Meilinda, M. A., & Sri Langgeng Ratnasari. (2017). Pengaruh Fasilitas Harga Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Hotel Hana Hotel Batam. Jurnal Ilmiah Zona Manajerial, 90–99.
Peter, P., & Olson, J. (2014). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Salemba Empat. Poniman, B., & Choerudin, A. (2017). Manajemen Pemasaran. Deepublish.
Prasetyo, F. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Di Hotel Wyndham Casablanca Jakarta. Majalah Ilmu
Panorama Nusantara, 15–31.
Prasetyo, L., & Sugesti, H. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan
Pelanggan Di Hotel Kedaton Bandung. Jurnal Manajemen Bisnis, 10–18.
Priansa, D. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Pustaka Setia.
Rangkuti, F. (2006). Measuring Customer Satisfaction: Gaining Customer Relationship
Strategy. Teknik Mengukur Dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. PT.
Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2009). Strategy Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus. Integrated
Marketing Communication. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rowley, J. (1998). Promotion And Marketing Communications in the Information Market
Place. Library Review, 47(8), 383–387.
Sedjati, R. S. (2018). Manajemen Pemasaran. Deepublish.
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press.
Sudarma. (2006). Menjadi Kaya Dengan Ukm Otomotif Roda Dua. PT.Kawan Pustaka. Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran. Lentera Ilmu
Cendekia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.
Sunyoto, D. (2019). Dasar Dasar Manajemen Pemasaran. CAPS (Center Of Academic
Publishing Service).
Supriadi. (2018). Konsep Harga Daam Ekonomi Islam. Guepedia.
Susanto, R. H., & Budiarti, A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi Dan
Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Evora Surabaya. Jurnal Ilmu
Dan Riset Manajemen, 1–16.
Tama, I. P., & Hardiningtyas, D. (2017). Psikologi Industri: Dalam Perspektif Sistem
Industri. UB Press.
Tjiptono, Fandi. (2008). Strategi Pemasaran. cv. Andi Offset.
Tjiptono, Fandy, & Diana, A. (2001). Total Quality Management. cv. Andi Offset. Wijaya, T. (2018). Manajemen Kulitas Jasa. Indeks.
Wijayanti, T. (2017). Marketing Plan! Dalam Bisnis Third Edition. PT. Elex Media
Komputindo.
Yamit, Z. (2001). Manajemen Kualitas Produk Dan Jasa. Ekonisia. Yamit, Z. (2013). Manajemen Kualitas. Ekonisia.
Published
2022-04-29
How to Cite
Rahmawati, I., & Tuti, M. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN THE KOFFEE JAKARTA. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 25(1), 69 - 80. https://doi.org/10.55886/esensi.v25i1.474