PENGARUH CELEBRITY ENDORSER HASYAKYLA UTAMI TERHADAP BRAND IMAGE PRODUK EMINA COSMETICS

  • Indah Fajar Rosalina
  • Desti Deria Erina Putri
Keywords: Emina Cosmetics, Celebrity Endorser, Brand image, Hasyakyla Utami

Abstract

Peningkatan pasar industri kosmetik di Indonesia membuat perusahaan kosmetik harus melakukan berbagai cara untuk memasuki persaingan dunia bisnis agar dapat bertahan dan tidak kalah bersaing dengan perusahaan lainnya. Banyak cara diupayakan oleh berbagai brand ternama, salah satunya dengan metode pemasaran Celebrity Endorse. PT Paragon yang terkenal dengan brand Emina Cosmeticnya juga menggunakan metode macam ini untuk meningkatkan brand image nya. Salah satu selebriti yang dipercaya oleh Emina Cosmetics untuk di endorse adalah Hasyakyla Utami karna dinilai mempunyai karakteristik remaja perempuan yang aktif dan ceria yang cocok dengan karakteristik brand Emina Cosmetics. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh celebrity endorser Hasyakyla Utami terhadap brand image produk Emina Cosmetics di kalangan siswi SMA Angkasa 1 Jakarta. Objek yang menjadi penelitian adalah Siswi SMA Angkasa 1 Jakarta, dengan jumlah sampel 152 orang dengan metode kuantitatif, peneliti menyebar kuisioner dari variabel X (celebrity endorse) dan Y (brand image) kemudian hasil penelitian dikelola melalui SPSS versi 26 untuk menganalisis korelasi, uji regresi linear sederhana, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa koefisien determinasi Variabel X Celebrity Endorser memberikan kontribusi sebesar 46,5% terhadap Variabel Y Brand Image dengan sisanya 53,5% dipengaruhi oleh faktor lain di luar dari penelitian ini. Analisis regresi linear memperoleh persamaan Y 13,069 + 0,535 X dengan nilai konstanta sebesar 13,069, berarti jika tidak ada celebrity endorser, maka brand image Emina Cosmetics sebesar 13,069 dan jika ada celebrity endorser maka brand image Emina Cosmetics akan meningkat sebesar +0,535. Koefisien regresi tersebut bernilai positif sehingga dapat dikatakan bahwa pengaruh celebrity endorser Hasyakila Utami terhadap brand image produk Emina Cosmetics di kalangan siswi SMA Angkasa 1 Jakarta adalah positif, yaitu +0,535. Dari hasil uji hipotesis di mana Ha diterima (Adanya pengaruh celebrity endorser Hasyakyla Utami terhadap brand image produk Emina Cosmetics di kalangan siswi SMA Angkasa 1 Jakarta). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh celebrity endorser Hasyakyla Utami terhadap brand image produk Emina Cosmetics di kalangan siswi SMA Angkasa 1 Jakarta. Saran dari peneliti adalah apabila ingin terus menumbuhkan brand image dari produk Emina Cosmetics, perusahaan dapat bekerja sama dengan selebriti lainnya atau jika ingin lebih di khususkan lagi maka perusaahan bisa bekerja sama dengan beauty influencer dalam mempromosikan produknya.

References

A. Anditha Sari, Dasar-Dasar Public Relation (Teori Dan Praktik), Penerbit Deepublish CV Budi Utama, Yogyakarta, 2017.

Basu Swastha Dharmmesta, Manajemen Pemasaran, BPFE, Yogyakarta, 2014 Philip Kotler & Kevin Lane Keller, Metode

Denis Mcquail, Teori Komunikasi Massa, terj. Izzati Putri Iva 1 Edisi 6, Salemba Humanika, Jakarta, 2011

Donni Juni Priansa, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Pustaka Setia Bandung, 2017

Duwi Priyatno, Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS Cetakan 1, Gava Media, Yogyakarta, 2013.

Ela Nurlaela, Oktori Kiswati Z, Sri Pudjawati, Analisis Penggunaan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pengguna Media Sosial Instagram Di Lingkungan Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan Bogor, Bogor, 2018

Freddy Rangkuti, Riset Pemasaran (Cetakan ke sepuluh), Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2011

Ghaniya Ni’mah, Penggunaan Internet Sebagai Media Komunikasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa , Universitas Islam Negeri Yogyakarta, 2016

Ghozali Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2014

Hakimi, Bardia Yousef, Abed Abedniya dan Majid Nokhbeh Zaeim, Investigate the Impact of Celebrity Endorsement on Brand Image, European Journal of Scientific Research Vol.58, 2011

Irene Silviani, Komunikasi Organisasi, Penerbit Scopindo Media Pustaka, Surabaya, 2020

Jakarta, 2011 https://kuyou.id/homepage/read/20487/biodata-singkat-hasyakyla-utami- lengkap-umur-agama-kakak-adhisty- zara-yang-jadi-sorotan diakses pada 19 April 2021 16.20 wib

M. Anang Firmansyah, Pemasaran Produk dan Merek, Qiara Media, Jawa Timur, 2019

Mondry, Pemahaman Teori dan Praktek Jurnalistik edisi 2, Ghalia Indonesia, Bogor, 2016

Morissan, Metode Penelitian Survei, Kencana, Jakarta, 2017

Muhammad Ismail, Strategi Pemasaran Untuk Membangun Citra Dan Loyalitas Merek, IPB Press, Yogyakarta, 2013

Nike Cholifah, Suharyono, dan Kadarisman Hidayat , Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 36 No. 1, Malang, 2016

Nur Amalia, Sri Nuringwahyu, Dadang Krisdianto, Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Pada Iklan Produk Wardah (Studi Kasus Pada Konsumen Wardah Di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang), Jurnal Administrasi Bisnis, J/AGABI ISSN: 230-7150 Vol.8, No. 2, Malang, 2019 https://www.eminacosmetics.com/about- us, diakses pada 19 April 2021 16.02 WIB

Pemasaran, Erlangga, Jakarta, 2015 Fuad Abbas, Peran Media Massa Cetak (Koran) Dalam Meningkatkan Pariwisata Danau Dua Rasa (Labuan Cermin) Volume 1 nomor 4, Berau, 2013

Philip Kotler and Keller, Marketing Management , Edisi 15e, Global Edition, Pearson Prentice, 2016

Philip Kotler dan Gary Amstrong, Prinsip- prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta, 2012

Phillip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1, PT. Indeks, Jakarta, 2016

Rachmat Kriyantono, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2016.

Sarlito W Sarwono, Psikologi Remaja. (Edisi Revisi), PT Raja Grafindo,

Selfi Stefani, Analisis Pengaruh Iklan Televisi, Celebrity Endorser, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kosmetik Berlabel Halal Wardah, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2013

Slamet Riyanto dan Aglis Andhita Hatmawan, Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen, Deepublish, Yogyakarta, 2020.

Sonwalkar, J., Manohar K., and Pathak A. Celebrity Impact- A model of Celebrity Endorsement, Journal of Marketing and Communication, Vol.7, issue 1. 2011

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung, 2018

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Alfabeta, Bandung, 2017

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B, Alfabeta, Bandung, 2016.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta, 2013

Syaiful Rohim, Teori Komunikasi (Perspektif, Ragam dan Aplikasi), Rineka Cipta, Jakarta, 2016

Syofian Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif, Prenadamedia Group, Jakarta, 2014.

Terence A. Shimp, Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi, Salemba Empat, Jakarta, 2014

Ulber Silalahi, Metode Penelitian Sosial, Unpar Press, Bandung, 2018

Yesi Puspita, Pemanfaatan New Media dalam Memudahkan Komunikasi dan Transaksi Pelacur Gay, Jurnal Pekommas, Vol. 18 No. 3, Universitas Andalas, Padang, 2015

Zakiya Sabdosih, Pengaruh Variabel Celebrity Endorser terhadap Citra Merek Citra Merek L’oreal Paris Total Repair di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang, Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Vol 1, Malang, 2013

Trisnowati, Y., Hadiwidjaja, R. D., & Nurvita, T. (2021). The Consistency Of Islamic Corporate Financial Sustainability In Covid-19 Pandemic: An Empirical Analysis. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 12(2), 179-192.

Husin, N., Hidayanto, A. N., Purwandari, B., & Ibrahim, R. M. S. (2021). Analysis on digital music service user behaviour using justice perception framework. J. Eng. Sci. Technol., 16(2), 1644-1666.

Published
2022-12-16
How to Cite
Rosalina, I., & Erina Putri, D. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER HASYAKYLA UTAMI TERHADAP BRAND IMAGE PRODUK EMINA COSMETICS. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 25(3), 223-232. https://doi.org/10.55886/esensi.v25i3.535