PELAYANAN PELANGGAN MENGGUNAKAN KOMUNIKASI VERBAL DI ADIRA FINANCE ZAINUL ARIFIN JAKARTA PUSAT

  • Dewi Nuryanti
Keywords: layanan pelanggan, komunikasi, komunikasi verbal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan beberapa kata dalam komunikasi verbal oleh pelayanan pelanggan pada para pelanggannya. Data yang digunakan merupakan data rekaman yang direkam dan ditranskripsikan menjadi ujaran-ujaran. Metode kualitatif oleh Cresswell digunakan dalam penelitian ini dan teori Kreidler digunakan dalam menganalisis data. Hasil analisis menemukan tiga istilah utama penggunaan kata dalam beberapa proses. Pertama, penggunaan kata dalam komunikasi verbal terkait ketersediaan pelayanan pada Adira Finance Zainul Arifin, seperti penggunaan istilah kredit multiguna, kredit mobil/motor, kredit elektronik, mebel, serta kredit gawai; kedua, penggunaan kata dalam dalam komunikasi verbal terkait proses penawaran pelanggan seperti masuk ke dalam system CRM Next, memilih prospek potensial, daftar prospek potensial, biodata calon nasabah, menghubungi calon pelanggan; dan ketiga adalah penggunaan kata dalam komunikasi verbal terkait proses pengajuan kredit, seperti memeriksa sejarah pembayaran pelanggan, pemeriksaan unit kendaraan, menghitung struktur kredit, menyediakan formulir dan file pelanggan, proses analis kredit, dan pencairan dana

References

Azyizah, S., & Nuryanti, D. (2023). Code-Switching used by Putri Tanjung and Boy

William in Ngobrol Sore Semaunya’s Episode 2. LingPoet: Journal of

Linguistics and Literary Research, 4(1), 46-54. Retrieved from https://talenta.usu.ac.id/lingpoet/article/view/9607

Creswell, John W. 2014. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed

Methods Approaches. London: Sage.

Johnston, Robert and Graham Clark (2008). Service Operations Management: Improving

Service delivery (2nd ed). England: Prentice Hall.

Kreidler, Charles W. 2002. Introducing English Semantics. London: the Taylor&Francis e-Library.

Nuryanti, D. (2019). Showing Emotion of Surprise Using Metaphorical Expression by Arabic Descendent Community. Esensi Lingua, 1(1). Retrieved from https://ibn.e-journal.id/index.php/LINGUA/article/view/151

Parasuraman et al, 1991. Understanding Customer Expectations of Service. Retrieved from

https://sloanreview.mit.edu/article/understanding-customer-expectations-of-service/

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.

Preacher, K. J., & Hayes, A. F. (2008). Asymptotic and resampling strategies for assessing and comparing indirect effects in multiple mediator models. Behavior Research Methods, 40(3), 879–891. https://doi.org/10.3758/BRM.40.3.879

Trisnowati, Y., Hadiwidjaja, R. D., & Nurvita, T. (2021). The Consistency Of Islamic Corporate Financial Sustainability In Covid-19 Pandemic: An Empirical Analysis. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 12(2), 179-192.

Husin, N., Hidayanto, A. N., Purwandari, B., & Ibrahim, R. M. S. (2021). Analysis on digital music service user behaviour using justice perception framework. J. Eng. Sci. Technol., 16(2), 1644-1666.

Kartini, I., Wibowo, E. W., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen berdampak loyalitas dalam berbelanja online pada shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 57-66.

Hanarti, I., Rahmadhani, M. V., Wibowo, E. W., & Minggu, M. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI PESAN ANTAR MAKANAN DI JAKARTA. JURNAL LENTERA BISNIS, 10(3), 312-319.

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Published
2022-12-16
How to Cite
Nuryanti, D. (2022). PELAYANAN PELANGGAN MENGGUNAKAN KOMUNIKASI VERBAL DI ADIRA FINANCE ZAINUL ARIFIN JAKARTA PUSAT. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 25(3), 298-302. https://doi.org/10.55886/esensi.v25i3.581