PERBANDINGAN ELEMEN-ELEMEN BRAND EQUITY TOKO ONLINE BUKALAPAK DAN TOKOPEDIA

  • Bernard Edwin Silaban Institut Bisnis Nusantara
  • Aji Darmawan Alumni Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Brand Equity, Bukalapak, Tokopedia, Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, Brand Loyalty

Abstract

Mengelola brand equity saat ini merupakan bagian yang sangat penting karena merupakan salah satu aset yang paling valuable bagi suatu perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbandingan kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek toko online Bukalapak dan Tokopedia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif. Data yang dikumpulkan melalui survei lapangan, dengan menyebar kuesioner kepada 150 mahasiswa di Institut Bisnis Nusantara, Universitas Negeri Jakarta, dan Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti, dengan Teknik Judgemental Sampling. Untuk analisis kesadaran merek dilakukan dengan cara tabulasi data, untuk asosiasi merek menggunakan uji cochran’s, dan untuk analisis persepsi kualitas dan loyalitas merek dilakukan dengan cara menghitung rata-rata dan rentang skala. Hasil penelitian pada kesadaran merek menunjukkan bahwa toko online Tokopedia lebih unggul dari Bukalapak. Analisis asosiasi merek menunjukkan bahwa asosiasi pembentuk brand image pada kedua merek relatif sama, yaitu sama-sama memiliki 6 asosiasi. Pada analisis persepsi kualitas kedua merek memiliki nilai rata-rata yang relatif sama yaitu baik. Dan pada analisis loyalitas merek, untuk tingkatan liking the brand dan committed buyer toko online Bukalapak lebih unggul daripada Tokopedia.

References

[1] Darmadi Durianto Dkk, “Strategi Menaklukkan Pasar. Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek”, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001.
[2] James A.F. Stoner, R. Edward Freeman dan Daniel R. Gilbert Jr, “Manajemen. Jilid 1, edisi Bahasa Indonesia”, PT Prenhallindo, Jakarta, 1996. Di Indonesia kan oleh Alexander Sindoro.
[3] Djaslim Saladin, “Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian”, Linda Karya, Bandung, 2003.
[4] DanangSunyoto, “Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi dan Kasus”, CAPS (Center of Academic Publishing Service), Yogyakarta, 2014.
[5] AB Susanto dan Himawan Wijanarko, “Power Branding”, Quantun, Jakarta, 2004.
[6] Sugiyono, “Metode Penelitian Bisnis”, Cetakan 15, CV. Alfabeta, Bandung, 2010.
[7] Sukandarrumidi, “Metodologi Penelitian”, Cetakan 4, Gadjah Mada University Pers, Yogyakarta, 2012.
[8] Bilson Simamora, “Riset Pemasaran: Falsafah, Teori, danAplikasi”¸ PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004.
[9] Imam Ghozali, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”, Cetakan Ke-4, University Diponegoro, Semarang, 2006.
Published
2018-09-10
How to Cite
Silaban, B., & Darmawan, A. (2018). PERBANDINGAN ELEMEN-ELEMEN BRAND EQUITY TOKO ONLINE BUKALAPAK DAN TOKOPEDIA. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 21(2), 16-45. https://doi.org/10.55886/esensi.v21i2.6