PENGARUH DIMENSI-DIMENSI WORK-LIFE BALANCE TERHADAP KUALITAS KERJA

  • Susi Adiawaty
  • Bernhard Bernhard
Keywords: Work-life balance, kualitas kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dimensi-dimensi Work-life balance  yang mempengaruhi Kualitas kerja karyawan perusahaan PT XYZ yang berjumlah 81 orang. Analisis pengolahan data menggunakan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan alat SmartPLS 3.3.3, selanjutnya dilakukan outer model, analisis deskriptif, inner model, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat dua dimensi Work-life balance  yang mempengaruhi kualitas kerja yaitu dimensi Work Interference With Personal Life dan dimensi Work Enhancement Of Personal Life. Terdapat dua dimensi Work-life balance  yang tidak mempengaruhi kualitas kerja yaitu dimensi Personal Life Interference With Work dan dimensi  Personal Life Enhancement Of Work.

References

Brough, P., Timms, C., O'Driscoll, M. P., Kalliath, T., Siu, O.-L., Sit, C., & Lo, D. (2014). Work–life balance: A longitudinal evaluation of a new measure across Australia and New Zealand workers. The International Journal of Human Resource Management, 25(19), 2724–2744. https://doi.org/10.1080/09585192.2014.899262

Bangun, Wilson. 2012. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: Erlangga

Delecta, P. (2011). Work-life balance . International Journal of Current Research

Fisher, G. G., Bulger, C. A., & Smith, C. S. (2009). Beyond work and family: A measure of work/nonwork interference and enhancement. Journal of Occupational Health Psychology, 14(4), 441–456. https://doi.org/10.1037/a0016737

Hasibuan,Malayu.2013.ManajemenSumberDayaManusia.Jakarta:PT.BumiAksara

Jayani, D. H. (2021, desember rabu). Indeks Kualitas Pekerjaan Indonesia. Retrieved from databoks.katadata: https://databoks.katadata.co.id

Kalliath, T., & Brough, P. (2008). Work-life balance: A review of the meaning of the balance construct. Journal of Management & Organization, 14(3), 323–327. https://doi.org/10.5172/jmo.837.14.3.323

Lupiyoadi,RambatdanHamdani,A.2011.ManajemenPemasaranJasa.Jakarta:SalembaEmpat

Marcana Dan Rao, TV. 2013. PerformanceApprasial: Theory andPractise, Diterjemahkanoleh Ny. L Mulyana, Penilaian Prestasi Kerja: Teori dan Praktek, Pusat Lembaga PPM dan Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta pusat.

Singh, M. P., & Khanna, P. (2011). Work-Life Balance: A Tool for Increased Employee Productivity and Retention. Lachoo Management Journal, 2, 188-206.

Susi, S., & Jawaharrani, K. (2011). Work-Life Balance: The Key Driver of Employee Engagement. Asian Journal of Management Research, 2, 474-483.

Nurvita, T., & Priambodo, A. (2022). The Effect of Enviromental Performance, Company's Characteristics and Good Corporate Governance (GCG) on Environmental Disclosure (Empirical Study of Mining Companies Listed on The Indonesia Stock Exchange (IDX) 2015-2019). BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship, 4(2), 145-162.

Karjono, A., & Wibowo, E. W. (2022). Analisis Harga Jual terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Cepat Saji Mc Donald. JUDICIOUS, 3(2), 317-322.

Wicaksono, B. W., Wibowo, E. W., Karjono, A., & Aditya, A. (2022). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. LITERATUS, 4(2), 746-757.

Himawan, F. A. (2022). Pengaruh Fee Audit, Rotasi Audit, Audit Capacity Stress dan Ukuran Perusahaan Terhadap Earning Manipulation dengan Moderasi Kualitas Audit. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 8(2), 151-166.

Himawan, F. A. (2022). PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP EARNING MANIPULATION DENGAN MODERASI KUALITAS AUDIT. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(03), 267-283.

Silitonga, D., & Anggraini, T. (2022). Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Rasio Solvabilitas terhadap Return Saham pada Perusahaan Sub Sektor Pariwisata, Restoran dan Perhotelan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019–2021. JUDICIOUS, 3(2), 323-328.

Harahap, S., Thoyib, A., Sumiati, S., & Djazuli, A. (2022). The Impact of Financial Literacy on Retirement Planning with Serial Mediation of Financial Risk Tolerance and Saving Behavior: Evidence of Medium Entrepreneurs in Indonesia. International Journal of Financial Studies, 10(3), 66.

Herninta, T., Roslita, E., Djoko, A. Y., Ardy, Y., & Siahaan, F. (2022). Studi Komparatif Sebelum dan Saat Pandemi Covid 19 Analisis Kinerja Keuangan PT Tempo Scan Pacific Tbk. FOCUS, 3(2), 178-182.

Adiawaty, S., Kambuno, A. B., Veronika, S., Habeahan, S., & Silaban, B. E. (2022). Pengaruh Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Market Place. JUDICIOUS, 3(2), 370-373.

Yurindera, N. (2022). PENGARUH BRAND ATTACHMENT TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA KOPI KENANGAN DENGAN BRAND COMMITMENT DAN BRAND LOYALTY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(04), 208-216.

Yurindera, N. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Online Customer Review serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian di Sayurbox. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 8(2), 143-150.

Wicaksono, B. W., Wibowo, E. W., Karjono, A., & Aditya, A. (2022). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. LITERATUS, 4(2), 746-757.

Mustangin, M., Tukirin, T., Wibowo, E. W., Sugianto, E., & Estiana, R. (2022). Analysis of Brand Image and Service Satisfaction on Consumer Loyalty of Food Delivery Application Users/Analisis Citra Merek dan Kepuasan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Aplikasi Pesan Antar Makanan. Judicious-Journal of Management, 3(2), 288-292.

Salim, M. N., Wibowo, E. W., Susilastuti, D., & Diana, T. B. (2022). Analysis of Factors Affecting Community Participation Expectations on Sustainability Urban Farming in Jakarta City. International Journal of Science and Society, 4(3), 94-105.

Sugiyanto, E., Wibowo, E. W., & Kartini, I. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI PESAN ANTAR MAKANAN DI JAKARTA. Warta Dharmawangsa, 16(1), 67-74.

Wibowo, E. W., Wicaksono, B. W., & Sugiyanto, E. (2022). ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA RESTORAN CEPAT SAJI DI JAKARTA. Warta Dharmawangsa, 16(4), 769-779.

Trisnowati, Y., Hadiwidjaja, R. D., & Nurvita, T. (2021). The Consistency Of Islamic Corporate Financial Sustainability In Covid-19 Pandemic: An Empirical Analysis. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 12(2), 179-192.

Husin, N., Hidayanto, A. N., Purwandari, B., & Ibrahim, R. M. S. (2021). Analysis on digital music service user behaviour using justice perception framework. J. Eng. Sci. Technol., 16(2), 1644-1666.

Kartini, I., Wibowo, E. W., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen berdampak loyalitas dalam berbelanja online pada shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 57-66.

Hanarti, I., Rahmadhani, M. V., Wibowo, E. W., & Minggu, M. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI PESAN ANTAR MAKANAN DI JAKARTA. JURNAL LENTERA BISNIS, 10(3), 312-319.

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Breliastiti, R., Setiawan, T., Herninta, T., & Ramadhanti, V. (2023). READINESS OF LISTED COMPANIES IN THE PREPARATION OF SOCIAL AND ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITY REPORTS. Jurnal Ekonomi, 12(02), 1291-1299.

Pitoko, W. W., Purba, A. E., Hutagalung, M., Burhanuddin, R. A., & Rosalina, I. F. (2022). Analisis Citra Merek dan Nilai Pelanggan terhadap Loyalitas pada Pengguna Aplikasi E-Travel. FOCUS, 3(2), 173-177.

Adiawaty, S. (2023). DAMPAK PEMBERDAYAAN, KEPEMIMPINAN RANSFORMASIONAL DAN STRES KERJA PADA MASA WORK FROM HOME TERHADAP KINERJA. Warta Dharmawangsa, 17(3), 1366-1378.

Adiawaty, S., & Daso, M. A. (2023). DAMPAK PEMBERDAYAAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENINGKATKAN ORGANIZATIOAN CITYZENSHIP BEHAVIOR KARYAWAN GENERASI Y. JURNAL LENTERA BISNIS, 12(3), 771-779.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Analisis pengaruh persepsi kemudahan transaksi dan nilai pelanggan terhadap kepuasan penumpang kereta moda raya terpadu (MRT) Jakarta. Jurnal Lentera Bisnis, 9(1), 107-123.

Karjono, A. (2022). Pengaruh Kinerja Lingkungan, Karakteristik Perusahaan dan Good Corporate Governance terhadap Pengungkapan Lingkungan pada Perusahaan Pertambangan dan Pertanian. FOCUS, 3(2), 183-195.

Rosalina, I. F. (2020). Upaya Penanganan Krisis Relasi Media DPR dalam Kontroversi UU MD3. Communication, 11(1), 14-30.

Rosalina, I. F. (2023). The THE INFLUENCE OF PERSONAL BRANDING ON THE BRAND IMAGE OF SECONDATE BEAUTY. Communications, 5(2), 536-555.

Burhanuddin, R. A., Wicaksono, B. W., Yulistiani, I., & Hanafiah, F. P. (2023). REBRANDING BANK KB BUKOPIN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PERUSAHAAN. Warta Dharmawangsa, 17(3), 1216-1232.

Published
2023-04-20
How to Cite
Adiawaty, S., & Bernhard, B. (2023). PENGARUH DIMENSI-DIMENSI WORK-LIFE BALANCE TERHADAP KUALITAS KERJA. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 26(1), 1-12. https://doi.org/10.55886/esensi jmb.v26i1.653