UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PERGURUAN TINGGGI KEAGAMAAN DI ERA REVOLUSI INDSUTRI 4.0; SOCIETY 5.0

  • Salman Habeahan

Abstract

Kondisi Lembaga Pendidikan agama dan Pendidikan keagamaan tahun 2023 menunjukkan adanya kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas dan kelembagaan Pendidikan agama dan Pendidikan keagamaan. Keragaman jenis Pendidikan ini baik dari sisi jalur dan jenjang dengan “nama bentuk yang khas” merupakan kekuatan tersendiri. Keberadaan Lembaga Pendidikan agama dan Pendidikan keagamaan diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007, tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

Tantangan kelembagaan Pendidikan agama dan Pendidikan keagamaan tidak terlepas dari dampak pandemic Covid-19, teknologi digital, visi Indonesia 2045, Visi Pendidikan Indonesia dan intoleransi. Hantaman pandemic Covid-19 dan perkembangan teknologi digital yang semakin massif melahirkan sebuah tantangan dalam upaya meningkatkan daya saing perguruan tinggi keagamaan Katolik. Perubahan yang revolusioner mengenai cara hidup manusia berimplikasi pada adaptasi yang diperlukan untuk mewujudkan sebuah Lembaga Pendidikan Keagamaan yang berkelanjutan dan konstributif pada pembangunan bangsa.

Urgensi Pendidikan agama dan Pendidikan keagamaan yang moderat dalam konteks nasional, dirasakan semakin penting akhir-akhir ini, dimana paham-paham keagamaan yang radikal, dan tergerusnya rasa cinta tanah air sebagaimana hasil survey Setara Institut dan INFID 83.3  % responden anak-anak SMA di Bogor, Bandung, Surabaya, Padang dan Solo mendukung persepsi Pancasila bukan sebagai ideologi yang permanen, yang artinya bisa diganti. Kondisi ini semakin memprihatinkan karena paham-paham keagamaan yang intoleran telah menyebar melalui media sosial termasuk dalam Lembaga Pendidikan. Penguatan peran Pendidikan agama dan Pendidikan keagamaan yang moderat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia diharapkan dapat terjaga.

Upaya peningkatan daya saing perguruan tinggi keagamaan Katolik menjadi penting dan strategis dilakukan dalam menghadapi tantangan besar yang dihadapi oleh dunia Pendidikan di Indonesia. Dan secara nasional masalah aksesibiltas, kualitas, tata kelola dan pemerataan layanan Pendidikan keagamaan berkualitas untuk ikut berkontribusi melayani 1,2 juta anak yang tidak bersekolah (ATS), dan masih rendahnya kontribusi PTK  terhadap Angka Partisipasi Kasar (APK) nasional yang baru mencapai 5,9 %, dimana secara nasional APK Perguruan Tinggi pada Tahun 2021 31,19 % (BPS 2022). Akses pemeratan layanan Pendidikan berkualitas, produktivitas, dan daya saing masih menjadi tantangan pada Pendidikan keagamaan khususnya dalam merepson perkembangan teknologi informasi pada era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Upaya meningkatkan daya saing Pendidikan keagamaan dapat dilakukan dengan menjadikan pembinaan karakter moral keagamaan menjadi keunggulan komparatif (Comapartive Advantage) baik melalui proses pendidikan dan budaya sekolah/kampus.

References

Ahmad, I. (2018). Proses Pembelajaran Digital Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Direktur Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan. Kemenristek Dikti.

Alimuddin, Z. (2019). Era Masyarakat 5.0 Guru Harus Lebih Inovatif Dalam Mengajar. Retrieved Mei 18, 2019, From Https://Www.Timesindonesia.Co.Id/ Read/214466/20190518/165259/ Zulkifar-Alimuddin-Era-Masyarakat

Aoun, J. (2017). Robot-Proof: Higher Education In The Age Of Artificial Intelligence. Us: Mit Press. Bhakti, C. U. (2018).

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society. Japan Spotlight Journal, 47, 47–50. Retrieved from https://www.jef.or.jp/journal/. Furqon. (2015).

Tb-Ai-Munandar- (2018). Dunia-Pendidikan Menuju-Revolusi-Industri-5-0/ Özdemir, V.

Wibawa, S. (2018). Pendidikan Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Indonesia. Wilson, C. (2015).

Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Outlook 2023.

Nurvita, T., & Priambodo, A. (2022). The Effect of Enviromental Performance, Company's Characteristics and Good Corporate Governance (GCG) on Environmental Disclosure (Empirical Study of Mining Companies Listed on The Indonesia Stock Exchange (IDX) 2015-2019). BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship, 4(2), 145-162.

Karjono, A., & Wibowo, E. W. (2022). Analisis Harga Jual terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Cepat Saji Mc Donald. JUDICIOUS, 3(2), 317-322.

Wicaksono, B. W., Wibowo, E. W., Karjono, A., & Aditya, A. (2022). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. LITERATUS, 4(2), 746-757.

Himawan, F. A. (2022). Pengaruh Fee Audit, Rotasi Audit, Audit Capacity Stress dan Ukuran Perusahaan Terhadap Earning Manipulation dengan Moderasi Kualitas Audit. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 8(2), 151-166.

Himawan, F. A. (2022). PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP EARNING MANIPULATION DENGAN MODERASI KUALITAS AUDIT. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(03), 267-283.

Silitonga, D., & Anggraini, T. (2022). Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Rasio Solvabilitas terhadap Return Saham pada Perusahaan Sub Sektor Pariwisata, Restoran dan Perhotelan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019–2021. JUDICIOUS, 3(2), 323-328.

Harahap, S., Thoyib, A., Sumiati, S., & Djazuli, A. (2022). The Impact of Financial Literacy on Retirement Planning with Serial Mediation of Financial Risk Tolerance and Saving Behavior: Evidence of Medium Entrepreneurs in Indonesia. International Journal of Financial Studies, 10(3), 66.

Herninta, T., Roslita, E., Djoko, A. Y., Ardy, Y., & Siahaan, F. (2022). Studi Komparatif Sebelum dan Saat Pandemi Covid 19 Analisis Kinerja Keuangan PT Tempo Scan Pacific Tbk. FOCUS, 3(2), 178-182.

Adiawaty, S., Kambuno, A. B., Veronika, S., Habeahan, S., & Silaban, B. E. (2022). Pengaruh Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Market Place. JUDICIOUS, 3(2), 370-373.

Yurindera, N. (2022). PENGARUH BRAND ATTACHMENT TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA KOPI KENANGAN DENGAN BRAND COMMITMENT DAN BRAND LOYALTY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(04), 208-216.

Yurindera, N. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Online Customer Review serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian di Sayurbox. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 8(2), 143-150.

Wicaksono, B. W., Wibowo, E. W., Karjono, A., & Aditya, A. (2022). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. LITERATUS, 4(2), 746-757.

Mustangin, M., Tukirin, T., Wibowo, E. W., Sugianto, E., & Estiana, R. (2022). Analysis of Brand Image and Service Satisfaction on Consumer Loyalty of Food Delivery Application Users/Analisis Citra Merek dan Kepuasan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Aplikasi Pesan Antar Makanan. Judicious-Journal of Management, 3(2), 288-292.

Salim, M. N., Wibowo, E. W., Susilastuti, D., & Diana, T. B. (2022). Analysis of Factors Affecting Community Participation Expectations on Sustainability Urban Farming in Jakarta City. International Journal of Science and Society, 4(3), 94-105.

Sugiyanto, E., Wibowo, E. W., & Kartini, I. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI PESAN ANTAR MAKANAN DI JAKARTA. Warta Dharmawangsa, 16(1), 67-74.

Wibowo, E. W., Wicaksono, B. W., & Sugiyanto, E. (2022). ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA RESTORAN CEPAT SAJI DI JAKARTA. Warta Dharmawangsa, 16(4), 769-779.

Trisnowati, Y., Hadiwidjaja, R. D., & Nurvita, T. (2021). The Consistency Of Islamic Corporate Financial Sustainability In Covid-19 Pandemic: An Empirical Analysis. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 12(2), 179-192.

Husin, N., Hidayanto, A. N., Purwandari, B., & Ibrahim, R. M. S. (2021). Analysis on digital music service user behaviour using justice perception framework. J. Eng. Sci. Technol., 16(2), 1644-1666.

Kartini, I., Wibowo, E. W., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen berdampak loyalitas dalam berbelanja online pada shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 57-66.

Hanarti, I., Rahmadhani, M. V., Wibowo, E. W., & Minggu, M. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI PESAN ANTAR MAKANAN DI JAKARTA. JURNAL LENTERA BISNIS, 10(3), 312-319.

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Breliastiti, R., Setiawan, T., Herninta, T., & Ramadhanti, V. (2023). READINESS OF LISTED COMPANIES IN THE PREPARATION OF SOCIAL AND ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITY REPORTS. Jurnal Ekonomi, 12(02), 1291-1299.

Pitoko, W. W., Purba, A. E., Hutagalung, M., Burhanuddin, R. A., & Rosalina, I. F. (2022). Analisis Citra Merek dan Nilai Pelanggan terhadap Loyalitas pada Pengguna Aplikasi E-Travel. FOCUS, 3(2), 173-177.

Adiawaty, S. (2023). DAMPAK PEMBERDAYAAN, KEPEMIMPINAN RANSFORMASIONAL DAN STRES KERJA PADA MASA WORK FROM HOME TERHADAP KINERJA. Warta Dharmawangsa, 17(3), 1366-1378.

Adiawaty, S., & Daso, M. A. (2023). DAMPAK PEMBERDAYAAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENINGKATKAN ORGANIZATIOAN CITYZENSHIP BEHAVIOR KARYAWAN GENERASI Y. JURNAL LENTERA BISNIS, 12(3), 771-779.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Analisis pengaruh persepsi kemudahan transaksi dan nilai pelanggan terhadap kepuasan penumpang kereta moda raya terpadu (MRT) Jakarta. Jurnal Lentera Bisnis, 9(1), 107-123.

Karjono, A. (2022). Pengaruh Kinerja Lingkungan, Karakteristik Perusahaan dan Good Corporate Governance terhadap Pengungkapan Lingkungan pada Perusahaan Pertambangan dan Pertanian. FOCUS, 3(2), 183-195.

Rosalina, I. F. (2020). Upaya Penanganan Krisis Relasi Media DPR dalam Kontroversi UU MD3. Communication, 11(1), 14-30.

Rosalina, I. F. (2023). The THE INFLUENCE OF PERSONAL BRANDING ON THE BRAND IMAGE OF SECONDATE BEAUTY. Communications, 5(2), 536-555.

Burhanuddin, R. A., Wicaksono, B. W., Yulistiani, I., & Hanafiah, F. P. (2023). REBRANDING BANK KB BUKOPIN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PERUSAHAAN. Warta Dharmawangsa, 17(3), 1216-1232.

Published
2023-04-20
How to Cite
Habeahan, S. (2023). UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PERGURUAN TINGGGI KEAGAMAAN DI ERA REVOLUSI INDSUTRI 4.0; SOCIETY 5.0. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 26(1), 13-26. https://doi.org/10.55886/esensi jmb.v26i1.654