FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUSAHAAN SEKTOR PERTANIAN DALAM MELAKUKAN PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN

  • Elysia Marvella
  • Ririn Breliastiti
Keywords: Sektor Pertanian, Kinerja Lingkungan, Keuangan

Abstract

Pengungkapan lingkungan merupakan informasi yang mengandung aspek-aspek lingkungan yang sudah dipertanggungjawabkan oleh suatu perusahaan akibat dari aktivitas operasionalnya. Sektor pertanian berkontribusi pada 22% sumber emisi gas rumah kaca pada tahun 2019 di dunia. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan kinerja lingkungan terhadap pengungkapan lingkungan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2016-2020. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan 12 perusahaan sektor pertanian yang dijadikan sampel penelitian. Hasil mengujian hipotesis menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan lingkungan, sedangkan profitabilitas dan kinerja lingkungan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan lingkungan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para investor jika ingin berinvestasi di sektor pertanian dan juga bagi perusahaan khususnya perusahaan yang mengelola sumber daya alam. Keterbatasan dalam penelitian ini terkait dengan penggunaan PROPER untuk mengukur kinerja lingkungan, dimana pemeringkatan PROPER masih terbatas untuk perusahaan yang terpilih atau ditunjuk oleh Kementerian Lingkungan Hidup, sehingga menyebabkan jumlah sampel menjadi terbatas.

References

Adriana, J., & Dewi, N. H. U. (2018). “The Effect of Environmental Performance, Firm Size, and Profitability on Environmental Disclosure”. The Indonesian Accounting Review, 8 (1), hal 1-11.

Akhter, F., Hossain, M. R., Elrehail, H., Rehman, S. U., & Almansour, B. (2022). “Environmental disclosures and corporate attributes, from the lens of legitimacy theory: a longitudinal analysis on a developing country”. European Journal of Management and Business Economics Emerald Publishing Limited.

Artamelia, F. N., Surbakti, L. P., & Julianto, W. (2021). “Pengaruh Kinerja Lingkungan terhadap Pengungkapan Lingkungan dan Pengungkapan Lingkungan terhadap Nilai Perusahaan. Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 2 (2), hal 870–884.

Ayu, D. P., & Suarjaya, A. A. G. (2017). “Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Moderasi”. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6 (2), hal 1112–1138.

Ayu, I., Oki, P., Dewi, Y., & Yasa, G. W. (2017). “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Tipe Industri, dan Kinerja Lingkungan terhadap Environmental Disclosure”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20 (3), hal 2362–2391.

BBC. (2021). Limbah sawit dicoret dari daftar berbahaya: Pemerintah pastikan pengawasan, Walhi sebut perusahaan bisa lepas dari jerat hukum bila ada pencemaran. BBC. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-56393482

Diantimala, Y., & Amril, T. A. (2018). “The Effect of Ownership Structure, Financial and Environmental Performances on Environmental Disclosure”. Accounting Analysis Journal, 7 (1), page 70–77.

DW. (2017). Perkebunan Sawit Picu Kenaikan Suhu Tanah di Indonesia. DW. https://www.dw.com/id/perkebunan-sawit-picu-kenaikan-suhu-tanah-di-indonesia/a-41117202.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hilmi, H., & Rinanda, M. (2020). “Pengaruh Profitabilitas dan Leverage terhadap Pengungkapan Lingkungan”. CURRENT: Jurnal Kajian Akuntansi Dan Bisnis Terkini, 1 (3), hal 496–509.

IPCC. (2022). Climate Change 2022 Mitigation of Climate Change Summary for Policymakers. IPCC. https://report.ipcc.ch/ar6wg3/pdf/IPCC_AR6_WGIII_SummaryForPolicymakers.pdf

Kasmir. (2018). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

K Radio Jember. (2021). Penggunaan Pupuk Kimia Berlebih di Sektor Pertanian, Sumbang Emisi Gas Rumah Kaca. Kantor K Radio Jember. https://www.k-radiojember.com/berita/read/penggunaan-pupuk-kimia-berlebih-di-sektor-pertanian-sumbang-emisi-gas-rumah-kaca.

Kiswanto, Apriyani, I. D., Yanto, H., Hajawiyah, A., & Djajadikerta, H. G. (2020). “Determinants of environmental disclosure in Indonesia”. Journal of Environmental Management and Tourism, 11 (3), page 682–691.

Komitmen Iklim. (2021). Kebun Sawit Tingkatkan Emisi Gas Rumah Kaca, Ancam Kelestarian Lingkungan. Komitmen Iklim. https://komitmeniklim.id/kebun-sawit-tingkatkan-emisi-gas-rumah-kaca-ancam-kelestarian-lingkungan/

Kurniawan, I. S. (2019). “Pengaruh Corporate Governance, Profitabilitas, dan Leverage Perusahaan terhadap Environmental Disclosure”. Jurnal Ekonomi Bisnis Universitas Mulawarman, 21 (2), hal 165–171.

LCDI. (2020). Pertanian. LCDI. https://lcdi-indonesia.id/grk-pertanian/

Maulana, A., Ruchjana, E. T., & Nurdiansyah, D. H. (2021). “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Kinerja Lingkungan terhadap Environmental Disclosure”. Journal of Economic, Business and Accounting, 4 (2), hal 787–800.

Ningtiyas, R., & Riharjo, I. B. (2018). “Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Kinerja Keuangan terhadap Environmental Disclosure pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI”. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 7 (6), hal 1–21.

Ningtyas, A. A., & Triyanto, D. N. (2019). “Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Pengungkapan Lingkungan terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2015-2017)”. JASa (Jurnal Akuntansi, Audit, Dan Sistem Informasi Akuntansi), 3 (1), hal 14–26.

Pramiana, O., & Anisah, N. (2018). “Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Perspektif Shariah Enterprise Theory”. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13 (2), hal 169–182.

Rahmawati, M. I., & Subardjo, A. (2017). “Pengaruh Pengungkapan Lingkungan dan Kinerja Lingkungan terhadap Kinerja Ekonomi yang Dimoderasi Good Corporate Governance”. Jurnal Buletin Studi Ekonomi, 22(2), hal 200–226.

Ratmono, D. (2019). “Pengaruh Kinerja Karbon, Karakteristik Perusahaan dan Kinerja Lingkungan terhadap Pengungkapan Emisi Karbon”. Diponegoro Journal of Accounting, 8 (3), hal 1–10.

Rehman, S. U., Elrehail, H., Nair, K., Bhatti, A., & Taamneh, A. M. (2021). “MCS package and entrepreneurial competency influence on business performance: the moderating role of business strategy”. European Journal of Management and Business Economics, 32 (1), page 1-23.

Rosa Portella, A., & Borba, J. A. (2020). “Environmental disclosure in corporate websites: a study in Brazil and USA companies”. RAUSP Management Journal, 55(3), page 309–324.

Santoso, Y. I. (2019). Ekspor Indonesia berpotensi turun di paruh kedua 2019. Kontan.co.id. https://nasional.kontan.co.id/news/ekspor-indonesia-berpotensi-turun-di-paruh-kedua-2019?page=all

Sayuti, A., Sukma, P., & Aprianto, D. (2021). “Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan Lingkungan”. Riset, Ekonomi, Akuntansi Dan Perpajakan (Rekan), 2 (2), hal 109–120.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Alfabeta, CV.

Sukirman, Yaisah, U., Hidayah, R., Suryandari, D., & Patrisia, D. (2021). “Environmental disclosure on agricultural and mining sector”. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 896 (1).

Sutadipraja, M. W., Kalbuana, N., Rahmawati, D., & Desiyanti, E. (2020). “Pengaruh Corporate Social Responsibility, Kinerja Keuangan dan Profitabilitas terhadap Environmental Disclosure pada perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019”. Jurnal Mala’bi STIE Yapman, 3 (1).

Tadros, H., & Magnan, M. (2019). “How does environmental performance map into environmental disclosure?: A look at underlying economic incentives and legitimacy aims”. Sustainability Accounting, Management and Policy Journal, 10 (1), page 62–96.

Utomo, M. N., Wahyudi, S., Muharam, H., & Helmina, M. R. A. (2019). “Linking ownership concentration to firm value: Mediation role of environmental performance”. Journal of Environmental Management and Tourism, 10 (1), page 182–194.

Nurvita, T., & Priambodo, A. (2022). The Effect of Enviromental Performance, Company's Characteristics and Good Corporate Governance (GCG) on Environmental Disclosure (Empirical Study of Mining Companies Listed on The Indonesia Stock Exchange (IDX) 2015-2019). BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship, 4(2), 145-162.

Karjono, A., & Wibowo, E. W. (2022). Analisis Harga Jual terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Cepat Saji Mc Donald. JUDICIOUS, 3(2), 317-322.

Wicaksono, B. W., Wibowo, E. W., Karjono, A., & Aditya, A. (2022). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. LITERATUS, 4(2), 746-757.

Himawan, F. A. (2022). Pengaruh Fee Audit, Rotasi Audit, Audit Capacity Stress dan Ukuran Perusahaan Terhadap Earning Manipulation dengan Moderasi Kualitas Audit. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 8(2), 151-166.

Himawan, F. A. (2022). PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP EARNING MANIPULATION DENGAN MODERASI KUALITAS AUDIT. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(03), 267-283.

Silitonga, D., & Anggraini, T. (2022). Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Rasio Solvabilitas terhadap Return Saham pada Perusahaan Sub Sektor Pariwisata, Restoran dan Perhotelan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019–2021. JUDICIOUS, 3(2), 323-328.

Harahap, S., Thoyib, A., Sumiati, S., & Djazuli, A. (2022). The Impact of Financial Literacy on Retirement Planning with Serial Mediation of Financial Risk Tolerance and Saving Behavior: Evidence of Medium Entrepreneurs in Indonesia. International Journal of Financial Studies, 10(3), 66.

Herninta, T., Roslita, E., Djoko, A. Y., Ardy, Y., & Siahaan, F. (2022). Studi Komparatif Sebelum dan Saat Pandemi Covid 19 Analisis Kinerja Keuangan PT Tempo Scan Pacific Tbk. FOCUS, 3(2), 178-182.

Adiawaty, S., Kambuno, A. B., Veronika, S., Habeahan, S., & Silaban, B. E. (2022). Pengaruh Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Market Place. JUDICIOUS, 3(2), 370-373.

Yurindera, N. (2022). PENGARUH BRAND ATTACHMENT TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA KOPI KENANGAN DENGAN BRAND COMMITMENT DAN BRAND LOYALTY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(04), 208-216.

Yurindera, N. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Online Customer Review serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian di Sayurbox. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 8(2), 143-150.

Wicaksono, B. W., Wibowo, E. W., Karjono, A., & Aditya, A. (2022). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. LITERATUS, 4(2), 746-757.

Mustangin, M., Tukirin, T., Wibowo, E. W., Sugianto, E., & Estiana, R. (2022). Analysis of Brand Image and Service Satisfaction on Consumer Loyalty of Food Delivery Application Users/Analisis Citra Merek dan Kepuasan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Aplikasi Pesan Antar Makanan. Judicious-Journal of Management, 3(2), 288-292.

Salim, M. N., Wibowo, E. W., Susilastuti, D., & Diana, T. B. (2022). Analysis of Factors Affecting Community Participation Expectations on Sustainability Urban Farming in Jakarta City. International Journal of Science and Society, 4(3), 94-105.

Sugiyanto, E., Wibowo, E. W., & Kartini, I. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI PESAN ANTAR MAKANAN DI JAKARTA. Warta Dharmawangsa, 16(1), 67-74.

Wibowo, E. W., Wicaksono, B. W., & Sugiyanto, E. (2022). ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA RESTORAN CEPAT SAJI DI JAKARTA. Warta Dharmawangsa, 16(4), 769-779.

Trisnowati, Y., Hadiwidjaja, R. D., & Nurvita, T. (2021). The Consistency Of Islamic Corporate Financial Sustainability In Covid-19 Pandemic: An Empirical Analysis. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 12(2), 179-192.

Husin, N., Hidayanto, A. N., Purwandari, B., & Ibrahim, R. M. S. (2021). Analysis on digital music service user behaviour using justice perception framework. J. Eng. Sci. Technol., 16(2), 1644-1666.

Kartini, I., Wibowo, E. W., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen berdampak loyalitas dalam berbelanja online pada shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 57-66.

Hanarti, I., Rahmadhani, M. V., Wibowo, E. W., & Minggu, M. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI PESAN ANTAR MAKANAN DI JAKARTA. JURNAL LENTERA BISNIS, 10(3), 312-319.

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Breliastiti, R., Setiawan, T., Herninta, T., & Ramadhanti, V. (2023). READINESS OF LISTED COMPANIES IN THE PREPARATION OF SOCIAL AND ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITY REPORTS. Jurnal Ekonomi, 12(02), 1291-1299.

Pitoko, W. W., Purba, A. E., Hutagalung, M., Burhanuddin, R. A., & Rosalina, I. F. (2022). Analisis Citra Merek dan Nilai Pelanggan terhadap Loyalitas pada Pengguna Aplikasi E-Travel. FOCUS, 3(2), 173-177.

Adiawaty, S. (2023). DAMPAK PEMBERDAYAAN, KEPEMIMPINAN RANSFORMASIONAL DAN STRES KERJA PADA MASA WORK FROM HOME TERHADAP KINERJA. Warta Dharmawangsa, 17(3), 1366-1378.

Adiawaty, S., & Daso, M. A. (2023). DAMPAK PEMBERDAYAAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENINGKATKAN ORGANIZATIOAN CITYZENSHIP BEHAVIOR KARYAWAN GENERASI Y. JURNAL LENTERA BISNIS, 12(3), 771-779.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Analisis pengaruh persepsi kemudahan transaksi dan nilai pelanggan terhadap kepuasan penumpang kereta moda raya terpadu (MRT) Jakarta. Jurnal Lentera Bisnis, 9(1), 107-123.

Karjono, A. (2022). Pengaruh Kinerja Lingkungan, Karakteristik Perusahaan dan Good Corporate Governance terhadap Pengungkapan Lingkungan pada Perusahaan Pertambangan dan Pertanian. FOCUS, 3(2), 183-195.

Rosalina, I. F. (2020). Upaya Penanganan Krisis Relasi Media DPR dalam Kontroversi UU MD3. Communication, 11(1), 14-30.

Rosalina, I. F. (2023). The THE INFLUENCE OF PERSONAL BRANDING ON THE BRAND IMAGE OF SECONDATE BEAUTY. Communications, 5(2), 536-555.

Burhanuddin, R. A., Wicaksono, B. W., Yulistiani, I., & Hanafiah, F. P. (2023). REBRANDING BANK KB BUKOPIN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PERUSAHAAN. Warta Dharmawangsa, 17(3), 1216-1232.

Published
2023-04-20
How to Cite
Marvella, E., & Breliastiti, R. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUSAHAAN SEKTOR PERTANIAN DALAM MELAKUKAN PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 26(1), 34-47. https://doi.org/10.55886/esensi jmb.v26i1.657