MANAJEMEN ARUS KAS PERUSAHAAN HELIKOPTER MELALUI PROGRAM SUPPORT BY HOURS (SBH) DENGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR MESIN HELIKOPTER

  • Subur Harahap
Keywords: Pengelolaan Kas, Support by hours

Abstract

Ketersediaan suku cadang dan komponen mesin helikopter pada saat mesin helikopter mengalami kondisi AOG dan atau memasuki jadwal penggantian suku cadang mesin oleh karena jam terbang mesin sudah mencapai jam terbang yang ditentukan. Sejatinya pengadaan suku cadang dan komponen mesin helikopter, bukan masalah serius apabila perusahaan helikopter memiliki kas yang cukup untuk membayarnya keperluan AOG. Untuk mengatasi masalah AOG, perusahaan helikopter harus melakukan kerjasama dengan perusahaan manufaktur mesin helikopter agar menyediakan suku cadang dan komponen dalam hitungan 2 x 24 jam melalui program support by hours (SBH). SBH merupakan praktek kerjasama supply suku cadang dan komponen antara perusahaan manufaktur mesin helikopter dengan perusahaan helikopter. Dalam kerjasama SBH tersebut perusahaan  helikopter membayar setiap produksi jam terbang dengan tariff tertentu kepada perusahaan manufaktur mesin helikopter, dan oleh karena adanya pembayaran dari perusahaan  helikopter tersebut perusahaan manufaktur mesin helikopter wajib menyediakan seluruh suku cadang dan komponen yang dibutuhkan pada saat sebuah helikopter mengalami AOG. 

Keuntungan dari program SBH ini dinikmati oleh kedua belah pihak. Perusahaan manufaktur mesin helikopter memiliki informasi mutahir terkait dengan kondisi mesin helikopter mengikuti program SBH di seluruh dunia dan mengingat jumlah mesin helikopter yang mereka kelola secara global sangat banyak, sehingga sangat efisien bagi mereka untuk menyediakan persediaan suku cadang dan komponen dalam jumlah banyak dan menempatkan di gudang regional misalnya seperti di Hongkong untuk regional Asia selain China dan Jepang. Selanjutnya, keuntungan yang dinikmati oleh perusahaan  helikopter adalah tidak perlu melakukan investasi untuk membeli minimum persediaan suku cadang dan komponen mesin yang nilainya sangat besar.

References

Abel. 2008. The Impact of Working Capital Management on Cash Holdings: An Quantitative Study of Swedish Manufacturing SMEs. Mid Sweden University, Faculty of Human Sciences, Department of Social Sciences.

Atrill, P. 2006. Financial Management for Decision Maker. London. Pearson Education Ltd.

Derazona Air Support. 2018. Laporan Keuangan dan Kegiatan Perseroan, Tahun 2018. Jakarta.

Derazona Air Support. 2019. Laporan Keuangan dan Kegiatan Perseroan, Tahun 2019. Jakarta.

Derazona Air Support. 2020. Laporan Keuangan dan Kegiatan Perseroan, Tahun 2020. Jakarta.

Derazona Air Support. 2021. Laporan Keuangan dan Kegiatan Perseroan, Tahun 2021. Jakarta.

Derazona Air Support. 2022. Laporan Keuangan dan Kegiatan Perseroan, Tahun 2022. Jakarta.

Mclaney. 2000. Business Finance, Theory and Practice 5th Ed, University of Plymouth Business School. Financial Times Pitman Publishing pg 328

Pandey, I.M. 2004. Financial Management. (9th ed.). Vikas Publishing House PVT Ltd.

Safran. 2015. Kontrak Kerja Support by Hours, dan Amandemennya. Jakarta.

Safran. 2023. Profil Safran Company. https://www.safran-group.com/companies/safran-helikopter-engines. (dilihat pada tanggal 18 April 2023).

Ross, S. A., Westerfield, W. R., Jaffe, F.J., & Jordan, D. B. 2011. Core principles and applications of corporate finance: Global edition. (3rd ed.), New York, McGraw Hill/ Irwin

Weston, I. F. & Copeland, T. E. 2008. Managerial Finance (12th ed.): The Dryden Press.

Nurvita, T., & Priambodo, A. (2022). The Effect of Enviromental Performance, Company's Characteristics and Good Corporate Governance (GCG) on Environmental Disclosure (Empirical Study of Mining Companies Listed on The Indonesia Stock Exchange (IDX) 2015-2019). BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship, 4(2), 145-162.

Karjono, A., & Wibowo, E. W. (2022). Analisis Harga Jual terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Cepat Saji Mc Donald. JUDICIOUS, 3(2), 317-322.

Wicaksono, B. W., Wibowo, E. W., Karjono, A., & Aditya, A. (2022). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. LITERATUS, 4(2), 746-757.

Himawan, F. A. (2022). Pengaruh Fee Audit, Rotasi Audit, Audit Capacity Stress dan Ukuran Perusahaan Terhadap Earning Manipulation dengan Moderasi Kualitas Audit. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 8(2), 151-166.

Himawan, F. A. (2022). PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP EARNING MANIPULATION DENGAN MODERASI KUALITAS AUDIT. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(03), 267-283.

Silitonga, D., & Anggraini, T. (2022). Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Rasio Solvabilitas terhadap Return Saham pada Perusahaan Sub Sektor Pariwisata, Restoran dan Perhotelan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019–2021. JUDICIOUS, 3(2), 323-328.

Harahap, S., Thoyib, A., Sumiati, S., & Djazuli, A. (2022). The Impact of Financial Literacy on Retirement Planning with Serial Mediation of Financial Risk Tolerance and Saving Behavior: Evidence of Medium Entrepreneurs in Indonesia. International Journal of Financial Studies, 10(3), 66.

Herninta, T., Roslita, E., Djoko, A. Y., Ardy, Y., & Siahaan, F. (2022). Studi Komparatif Sebelum dan Saat Pandemi Covid 19 Analisis Kinerja Keuangan PT Tempo Scan Pacific Tbk. FOCUS, 3(2), 178-182.

Adiawaty, S., Kambuno, A. B., Veronika, S., Habeahan, S., & Silaban, B. E. (2022). Pengaruh Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Market Place. JUDICIOUS, 3(2), 370-373.

Yurindera, N. (2022). PENGARUH BRAND ATTACHMENT TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA KOPI KENANGAN DENGAN BRAND COMMITMENT DAN BRAND LOYALTY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(04), 208-216.

Yurindera, N. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Online Customer Review serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian di Sayurbox. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 8(2), 143-150.

Wicaksono, B. W., Wibowo, E. W., Karjono, A., & Aditya, A. (2022). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. LITERATUS, 4(2), 746-757.

Mustangin, M., Tukirin, T., Wibowo, E. W., Sugianto, E., & Estiana, R. (2022). Analysis of Brand Image and Service Satisfaction on Consumer Loyalty of Food Delivery Application Users/Analisis Citra Merek dan Kepuasan Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Aplikasi Pesan Antar Makanan. Judicious-Journal of Management, 3(2), 288-292.

Salim, M. N., Wibowo, E. W., Susilastuti, D., & Diana, T. B. (2022). Analysis of Factors Affecting Community Participation Expectations on Sustainability Urban Farming in Jakarta City. International Journal of Science and Society, 4(3), 94-105.

Sugiyanto, E., Wibowo, E. W., & Kartini, I. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PADA APLIKASI PESAN ANTAR MAKANAN DI JAKARTA. Warta Dharmawangsa, 16(1), 67-74.

Wibowo, E. W., Wicaksono, B. W., & Sugiyanto, E. (2022). ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA RESTORAN CEPAT SAJI DI JAKARTA. Warta Dharmawangsa, 16(4), 769-779.

Trisnowati, Y., Hadiwidjaja, R. D., & Nurvita, T. (2021). The Consistency Of Islamic Corporate Financial Sustainability In Covid-19 Pandemic: An Empirical Analysis. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 12(2), 179-192.

Husin, N., Hidayanto, A. N., Purwandari, B., & Ibrahim, R. M. S. (2021). Analysis on digital music service user behaviour using justice perception framework. J. Eng. Sci. Technol., 16(2), 1644-1666.

Kartini, I., Wibowo, E. W., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh promosi terhadap kepuasan konsumen berdampak loyalitas dalam berbelanja online pada shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 57-66.

Hanarti, I., Rahmadhani, M. V., Wibowo, E. W., & Minggu, M. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI PESAN ANTAR MAKANAN DI JAKARTA. JURNAL LENTERA BISNIS, 10(3), 312-319.

Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.

Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.

Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.

Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.

Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.

Breliastiti, R., Setiawan, T., Herninta, T., & Ramadhanti, V. (2023). READINESS OF LISTED COMPANIES IN THE PREPARATION OF SOCIAL AND ENVIRONMENTAL RESPONSIBILITY REPORTS. Jurnal Ekonomi, 12(02), 1291-1299.

Pitoko, W. W., Purba, A. E., Hutagalung, M., Burhanuddin, R. A., & Rosalina, I. F. (2022). Analisis Citra Merek dan Nilai Pelanggan terhadap Loyalitas pada Pengguna Aplikasi E-Travel. FOCUS, 3(2), 173-177.

Adiawaty, S. (2023). DAMPAK PEMBERDAYAAN, KEPEMIMPINAN RANSFORMASIONAL DAN STRES KERJA PADA MASA WORK FROM HOME TERHADAP KINERJA. Warta Dharmawangsa, 17(3), 1366-1378.

Adiawaty, S., & Daso, M. A. (2023). DAMPAK PEMBERDAYAAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM MENINGKATKAN ORGANIZATIOAN CITYZENSHIP BEHAVIOR KARYAWAN GENERASI Y. JURNAL LENTERA BISNIS, 12(3), 771-779.

Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Analisis pengaruh persepsi kemudahan transaksi dan nilai pelanggan terhadap kepuasan penumpang kereta moda raya terpadu (MRT) Jakarta. Jurnal Lentera Bisnis, 9(1), 107-123.

Karjono, A. (2022). Pengaruh Kinerja Lingkungan, Karakteristik Perusahaan dan Good Corporate Governance terhadap Pengungkapan Lingkungan pada Perusahaan Pertambangan dan Pertanian. FOCUS, 3(2), 183-195.

Rosalina, I. F. (2020). Upaya Penanganan Krisis Relasi Media DPR dalam Kontroversi UU MD3. Communication, 11(1), 14-30.

Rosalina, I. F. (2023). The THE INFLUENCE OF PERSONAL BRANDING ON THE BRAND IMAGE OF SECONDATE BEAUTY. Communications, 5(2), 536-555.

Burhanuddin, R. A., Wicaksono, B. W., Yulistiani, I., & Hanafiah, F. P. (2023). REBRANDING BANK KB BUKOPIN DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PERUSAHAAN. Warta Dharmawangsa, 17(3), 1216-1232.

Published
2023-04-20
How to Cite
Harahap, S. (2023). MANAJEMEN ARUS KAS PERUSAHAAN HELIKOPTER MELALUI PROGRAM SUPPORT BY HOURS (SBH) DENGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR MESIN HELIKOPTER. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 26(1), 48-55. https://doi.org/10.55886/esensi jmb.v26i1.658