ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KIDZANIA - PT. ARYAN INDONESIA
Abstract
Persaingan bisnis dewasa ini tidak hanya bertumpu pada kualitas produk, melainkan lebih kepada kualitas pelayanan, yang lebih mendorong pelanggan untuk membeli produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Pelayanan yang bermutu tidak hanya dilihat dari hasilnya saja tetapi juga kualitas yang diberikan pada pelanggan perusahaan tersebut, dari awal pelanggan datang ke perusahaan hingga pelanggan menerima hasil yang diberikan perusahaan kepada pelanggan. Untuk dapat menetapkan strategi kualitas pelayanan yang tepat, perlu dilakukan pengukuran melalui lima dimensi kualitas pelayanan. Pada perkembangan pasar globalisasi saat ini perusahaan perlu mengubah pandangannya dari pradigma lama ke pradigma baru yang memandang produk dan jasa dari kacamata konsumen. Fokus pradigma baru ini adalah bukan pada bagaimana membuat produk dan jasa, tetapi bagaimana sebaiknya memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Karena kekuatan pemasaran berbeda dengan apa yang dipelajari, dirasakan, dilihat, dan didengar konsumen. Untuk mendapatkan loyalitas pelanggan perusahaan perlu melakukan strategi pemasaran yang tepat agar dapat mempengaruhi loyalitas pelanggannya.
References
[2] Prof. Dr. Farida Jasfar, M.E., Manajemen Jasa Pendekatan Terpadu, Ghalia Indonesia, Bogor, 2005
[3] Jill Griffin, Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Erlangga, Jakarta, 2005
[4] Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Jilid Satu, Edisi Kesebelas, PT. Intan Sejati Klaten, Jakarta, 2005
[5] Dr. Sudaryono, Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi, Andi Offset, Yogyakarta, 2016
[6] Freddy Rangkuti, Measuring Customer Satisfaction, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003
[7] Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Buku Satu, Edisi Tiga Belas, Erlangga, Jakarta, 2008
[8] Bilson Simamora, Riset Pemasaran, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004
[9] Sugiyono, Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan kelima, CV. Alfabeta, Bandung, 2006
[10] Darmadi Durianto ; Sugiarto ; Tony Simanjuntak; Strategi Menaklukkan Pasar : Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek , PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001
[11] Lukas Setia Amaja, Memahami Statistik Bisnis, Buku 2, Andi, Yogyakarta, 1997
[12] Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Universitas Diponegoro, 2005