KOMODIFIKASI NILAI-NILAI KELUARGA IKLAN PEPSODENT VERSI “GANTIAN DONK!”

  • Dani Siswardhani Wahjono Institut Bisnis Nusantara
Keywords: Komodifikasi, Iklan Televisi

Abstract

Iklan pada dasarnya memiliki suatu pesan, dan pesan tersebut banyak dikemas dengan menggunakan kode-kode atau simbol-simbol. Iklan juga pada dasarnya mempunyai ideologi yang mendasar dan isi konten pada iklan terkadang juga memberikan nilai-nilai guna dari sebuah produk. Akan tetapi nilai guna ini berubah menjadi nilai tukar, baik dari segi produk ataupun dari segi cerita dan karakter pada iklan tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mitos yang tercipta merupakan praktek sosial (keluarga sehat) berubah menjadi praktek materialisme. Praktek materialisme menjelaskan bahwa kesehatan gigi bergantung pada sebuah produk yang bernama Pepsodent. Ideologi yang terbongkar dalam mitos ini adalah kapitalisme, dan proses komodifikasi terjadi pada isi konten, dimana keluarga yang ditayangkan bukan lagi menjadi nilai guna dari produk melainkan menjadi nilai tukar dari sebuah produk, yaitu Pepsodent.

References

Ahmad Fuad Afdhal. 2004. Tips & Trik Public Relation. Jakarta: Grasindo.
Alex Sobur. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arthur Asa Berger. 2010. Pengantar Semiotika: Tanda-Tanda Dalam Kebudayaan Kontemporer. Terjemahan M. Dwi Marianto. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Bagong Suyanto dan Sutinah. 2011. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Burhan Bungin. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Perada.
Dani Verdiansyah. 2005. Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Jakarta: Index.
Denis McQuail. 2011. Teori Komunikasi Massa Mcquail, Edisi 6, Buku 1. Terjemahan Putri Iva Izzati. Jakarta: Salemba Humanika.
Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.
Indiwan Seto Wahyu Wibowo. 2011. Semiotika Komunikasi – Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Koerniatmanto Soetoprawiro. 2003. Bukan Kapitalisme Bukan Sosialisme. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Marcel Danesi. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Terjemahan A. Gunawan Admiranto. Yogyakarta: Jalasutra.
Marcel Danesi. 2012. Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Terjemahan Evi Setyarini dan Lusi Lian Piantari. Yogyakarta: Jalasutra.
Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Norman Fairclough. 1995. Media Discourse. London: Edward Arnold.
Roland Barthes. 2010. Imaji/Musik/Teks: Analisis Semiologi atas Fotografi, Iklan, Film, Musik, Alkitab, Penulisan dan Pembacaan serta Kritik Sastra. Terjemahan Agustinus Hartono. Yogyakarta: Jalasutra.
Saya Sasaki Shiraishi. 2001. Pahlawan-Pahlawan Belia: Keluarga Indonesia dalam Politik. Terjemahan Tim Jakarta-Jakarta. Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia).
Sumbo Tinarbuko. 2008. Semiotika Komunikasi Visual: Metode Analisis Tanda dan Makna pada Karya Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.
Vincent Mosco. 2009. The Political Economy of Communications, 2nd Edition. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington DC: SAGE Publication Ltd.
Published
2015-11-06
How to Cite
Wahjono, D. (2015). KOMODIFIKASI NILAI-NILAI KELUARGA IKLAN PEPSODENT VERSI “GANTIAN DONK!”. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 18(1), 48-57. https://doi.org/10.55886/esensi.v18i1.79