Analisis Persepsi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Terhadap Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) Ditinjau Dari Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Motivasi Gelar, Motivasi Karir, Motivasi Ekonomi)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, dan menganalisis secara empiris bagaimana persepsi mahasiswa/siswi S1 akuntansi khususnya di Institut Bisnis Nusantara tentang PPAk. Ditinjau dari faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu, gelar, karir, ekonomi terhadap PPAk sebagai sarana pendidikan profesional.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa / siswi di Institut Bisnis Nusantara, yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa/siswi S1 jurusan Akuntansi yang sedang/telah duduk pada semester VI keatas periode 2012/2013 yang telah atau sedang menempuh mata kuliah audit, dengan jumlah responden sebanyak 60 responden.
Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Motivasi Gelar (X1), Motivasi Karir (X2), dan Motivasi Ekonomi (X3) secara simultan atau bersama – sama terhadap PPAk (Y). Melalui Uji F (Global Test), dengan taraf signifikansi sebesar 5% (0,000< 0,05).
Berdasarkan hasil penelitian Uji t ( Individual Test ) yang dilakukan, terlihat jelas bahwa variabel Motivasi Karir memberikan pengaruh yang paling dominan dalam mempengaruhi PPAk, dengan nila (X2) sebesar 2,529.
References
[2] Alvin A.Arens, Randal J.Elder, Mark S.Beasley, Auditing dan Jasa Assurance, Edisi ke 12, Erlangga, Jakarta, 2010
[3] Sri Wahyuni Widyastuti, Sri Suryaningsum, Kiky Juliana, Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi, Simposium Nasional Akuntansi VII, Denpasar-Bali, 2004
[4] Ellya Benny & Yuskar, Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk), Simposium Nasional Akuntansi IX, Padang, 2006
[5] Riani Nurainah Lisnasari, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi, Skripsi Universitas Indonesia, 2008
[6] Kholis Azizul, Kontribusi Pendidikan Profesi Akuntan (PPA) Terhadap Pengembangan Profesi Akuntan Indonesia Sebuah Analisis Historis dan Orientasi Masa Depan, Jurnal Akuntansi, Media Akuntansi, 2002
[7] Media Akuntansi, Penegakan Etika Profesi Upaya Menciptakan Akuntan yang Profesional, Media Akuntansi, 2002
[8] Icuk Rangga Bawono, Mochamad Novelsyah, Arum Lutfia, Persepsi Mahasiswa Jurusan Akuntansi Reguler dan Nonreguler Tentang Pendidikan Profesi Akuntansi, Jurnal Akuntansi Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, 2005
[9] Victor Tengker & Jenny Morasa, Pengaruh Motivasi Karir Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti PPAk (Studi Pada Jurusan Akuntansi FE Unsrat Manado), Jurnal Akuntansi Universitas Unsrat, Manado, 2007
[10] Prof.DR.Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta Bandung, 2008
[11] Wahid Sulaiman, Analisis Regresi menggunakan SPSS Contoh Kasus Dan Pemecahannya, Andi, Yogyakarta, 2004
[12] Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI), Akuntan profesional, 2012 http://www.iaiglobal.or.id/v02/akuntan_profesional.php?id=1
[13] Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI), Pendidikan Profesi Akuntansi, 2012 http://www.iaiglobal.or.id/ppa.php?id=1
[14] Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), Standar Profesi, 2012 http://www.iapi.or.id/iapi/peraturan_iapi.php
[15] Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 2001
[16] Hilgard R.Ernest & Atkinson, Introduction Of Psychology, Erlangga, Yogyakarta, 2005
[17] Joko Sulistyo, 6 Hari Jago SPSS 17, Cakrawala, Yogyakarta, 2012