BUSINESS PLAN UD. X SEBAGAI PEMASOK BARANG UNTUK ‘TOKO BUMBU STP’

  • SP Attang Soeseno Institut Bisnis Nusantara
  • Diwanta Sitepu Institut Bisnis Nusantara
Keywords: BUSINESS PLAN, TOKO BUMBU STP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari rencana bisnis UD. X pemasok barang untuk “Toko Bumbu STP” dan besaran investasi yang dibutuhkan untuk memulai usaha tersebut serta tingkat keuntungan terhadap jumlah modal yang dikeluarkan. Dengan menganalisis data secara kualitatif dari aspek proses perencanaan bisnis, aspek pasar dan pemasaran, dan aspek produksi; dan secara kuantitatif dengan menghitung kelayakan usaha ini dari aspek keuangannya seperti Payback Period (PP), Average Rate of Return (ARR), Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), dan Profitabilitas Indeks (PI), menunjukkan bahwa business plan UD. X sebagai pemasok barang untuk “Toko Bumbu STP” dapat diterima dan layak untuk dijalankan.

References

[1] Irham Fahmi, Studi Kelayakan Bisnis Dan Keputusan Investasi, Edisi Asli, Mitra Wacana Media, 2014.
[2] Suryana, Kewirausahaan, Edisi 3, Salemba Empat, 2009.
[3] Fred R. David, Manajemen Strategis, Buku 1, Edisi 12, Salemba Empat, Jakarta, 2012
[4] Kasmir dan Jakfar, Studi Kelayakan Bisnis, Edisi Revisi, Kencana, Jakarta, 2013.
[5] Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid 1, Salemba Empat, Jakarta, 1997.
[6] Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Edisi 11, Jilid 1, PT Index, 2005.
[7] Husen Umar, Studi Kelayakan Bisnis, Edisi 2, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001.
[8] Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, Edisi 11, Jilid 2, PT Index, 2005.
[9] Philip Kotler dan Gary Amstrong, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi 9, Jilid 2, PT Index, 2004.
[10] Stephen P. Robbins dan Mary Coulter, Manajemen, Edisi 10, Jilid 1, Erlangga, 2010.
[11] Jay Heizer dan Barry Render, Manajemen Operasi, Buku 1, Edisi 9, Salemba Empat, 2009.
Published
2015-11-08
How to Cite
Soeseno, S. A., & Sitepu, D. (2015). BUSINESS PLAN UD. X SEBAGAI PEMASOK BARANG UNTUK ‘TOKO BUMBU STP’. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 18(2), 104-124. https://doi.org/10.55886/esensi.v18i2.91