STRATEGI PERSONAL SELLING DALAM MENCAPAI KEPUASAN KONSUMEN
Abstract
Komunikasi yang dilakukan pada proses strategi pemasaran personal selling adalah komunikasi antar pribadi yang dilakukan secara tatap muka (face to face). Melalui strategi pemasaran Personal Selling Tim Marketing PT. Kairos Multi Sejahtera dapat memaksimalkan usaha pemasaran produk barang maupun jasa, juga dalam pencapaian kepuasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi personal selling Oleh Divisi Marketing PT. Kairos Multi Sejahtera dalam mencapai kepuasan pelanggan. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis data menggunakan analisis matrik. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara. dan dokumentasi untuk mendukung penelitian ini terkait bagaimana tahapan-tahapan teknik strategi Personal Selling diimplementasikan oleh PT. Kairos Multi Sejahtera sehingga menghasilkan kepuasan pelanggan sesuai dengan tolak ukur yang dijabarkan berdasarkan teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Kairos Multi Sejahtera telah melakukan strategi Personal Selling sesuai dengan tahapan-tahapan pada teknik Personal Selling dan dapat dikatakan mencapai poin-poin tolak ukur dari kepuasan pelanggan. Walaupun telah mencapai kepuasan pelanggan dengan strategi Personal Selling, Tim Marketing PT. Kairos Multi Sejahtera perlu mengembangkan lagi dengan melakukan improvisasi terhadap teknik personal selling dengan disesuaikan dengan perkembangan jaman agar tetap efektif dan dapat terus menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.
References
Bungaran Antonius Simanjuntak dan Soesrodiharjo. 2014. Metode Penelitian Sosial (Edisi
Herdiansyah, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika
Kriyantono, Rachmat. 2012. Public Relations & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Lupiyoadi, Rahmat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Mulyana, Dedy. 2014. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia
Revisi), Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Sandria, Wella. 2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Pengunjung Taman Wisata Kampoeng Radja Di Kota, Jurnal Development, Vol 7 No. 1, Jambi: STIE Muhammadiyah
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen Pedekatan Praktis, Yogyakarta: Penerbit Andi
Soemanagara. 2012. Strategic Marketing Communication: Konsep Strategis dan Terapan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta
Wood,Julia T. 2013. Komunikasi Interpersonal, Interaksi Keseharian (Edisi 6), Jakarta: Salemba Humanika.
Christiningrum, M. F. (2015). Effect of diversification strategy, leverage and IOS on multi segment corporate performance in Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(5 S5), 157.
Wibowo, E. W. (2020). Analisis pendidikan karakter religius, peduli sosial, dan peduli lingkungan terhadap kedisiplinan (Studi kasus mahasiswa administrasi perkantoran politeknik LP3I Jakarta). Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 31-38.
Ishaya, S. R., Wibowo, E. W., & Yoeliastuti, Y. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta dengan Menggunakan Model SEM PLS. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1442-1453.
Wibowo, E. W. (2018). Kajian analisis kinerja usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan menggunakan metode balance scorecard. Jurnal Lentera Bisnis, 6(2), 25-43.
Wibowo, E. W. (2018). analisis ekonomi digital dan keterbukaan terhadap pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 66-80.
Khairunnisa, K., Yoeliastuti, Y., & Wibowo, E. W. (2019). Analisis Harga Tiket Dan Fasilitas Transaksi Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Bandara Soekarno Hatta. Jurnal Lentera Bisnis, 8(2), 59-75.